Model Pembentukan Kelompok Kerja Pemilihan yang Mendukung Peningkatan Kompetensi Manajerial
DOI:
https://doi.org/10.55961/jpbj.v2i1.33Keywords:
Kompetensi, Manajerial, Pokja PemilihanAbstract
Penerapan sistem kerja yang kolaboratif dan dinamis sebagaimana diusung di dalam Sistem Kerja Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi, sebenarnya telah lebih dulu diadopsi dalam proses pemilihan penyedia barang/jasa. Keberhasilan pada tahapan pemilihan penyedia barang/jasa sangat berpengaruh terhadap kinerja Organisasi. Oleh karena itu, aspek manajerial pada Pokja Pemilihan sangatlah penting. Sayangnya, model pembentukan Pokja Pemilihan pada setiap UKPBJ belum seragam dan aspek manajerial dalam Pokja Pemilihan belum menjadi perhatian. Menggunakan metode penelitian studi literatur dan survey persepsi Pengelola PBJ tentang kompetensi manajerial, Penelitian ini mencoba untuk mendapatkan pendapat para Ahli tentang pentingnya kompetensi manajerial dalam Pokja Pemilihan dan model pembentukan Pokja Pemilihan yang mendukung peningkatan kompetensi manajerial itu sendiri.
References
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.
Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta aturan perubahannya.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Sistem Kerja Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN.
Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa.
Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa.
Adam, S. L., & Anantatmula, V. (2010). Social and behavioral influences on team process. Project Management Journal, Vol 41. No. 4, 89-98.
Adman. (2004). Komunikasi Efektif Dalam Tim. Jurnal Manajerial, Vol. 2, No. 4, Januari 2004, 70-77.
Bass, B. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectation. New York: The Free Press.
Bass, B. (1990). Bass & Stodgill's Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications. Third Edition. New York: The Free Press.
Bhudianto, W. (2015). Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Transformasi No. 27 Tahun 2015 Volume I, 1-47.
Choliq, A. (2020, April 25). Artikel: Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) Sebagai Gaya Kepemimpinan Kekinian. Retrieved from Website DJKN Kementerian Keuangan: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palu/baca-artikel/13049/Kepemimpinan-yang-Melayani-Servant-Leadership-Sebagai-Gaya-Kepemimpinan-Kekinian.html.
Fawaid, J. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi, Koordinasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepemimpinan Kolektif Kolegial di Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, Volume XII, Edisi 1 Juni 2020, 26-33.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., Donnelly, J., & Komopaske, R. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes. New York: McGraw-Hill.
Guffey, M. E., Rhodes, K., & Rogin, P. (2005). Komunikasi Bisnis: Proses dan Produk. Diterjemahkan Oleh Ichsan Setyo Budi. Jakarta: Salemba Empat.
hukumonline.com. (2010, Juli 13). Berita Terbaru. Retrieved from Hukum Online: https://www.hukumonline.com/berita/a/kppu-hukum-peserta-tender-secara-tanggung-renteng--lt4c3c9731d2fa5/.
Huusko, L. (2006). The lack of skills: an obstacle in teamwork. Team Performance Management, Vol. 12, No. 1/2, 5-16.
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Mojokerto: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit.
KPK. (2022, Mei 17). Action-Information/Memahami 9 Nilai Integritas untuk Mencegah Korupsi. Retrieved from KPK : https://aclc.kpk.go.id/action-information/lorem-ipsum/20220517-null
Luthans, F. (2013). Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach. New York: McGraw-Hill.
menpan.go.id. (2021, Juni 15). Berita Terkini MenPAN-RB. Retrieved from Website MenPAN-RB : https://menpan.go.id/site/berita-terkini/menteri-tjahjo-pemimpin-harus-beradaptasi-dengan-teknologi
Raharso, S. (2012). Mengelola Proses Tim. Jurnal Manajerial Vol. 10 No. 20, Januari 2012, 1-15.
Rini, W. A. (2006). Kepemimpinan Yang Membangun Tim. Modernisasi, 66-75.
Rosari, R. (2011, Maret 27). Lecturer's Article Universitas Gajah Mada. Retrieved from Website Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada: https://feb.ugm.ac.id/en/research/lecturer-s-article/825-definisi-kepemimpinan-menurut-bass-refleksi-pada-diri-penulis
Sjafei, H., & Rahma, N. A. (2022, Agustus 18). Buku. Retrieved from Kompas: https://buku.kompas.com/read/2051/metode-penelitian-studi-literatur-apa-itu
Tewal, B., Adolfina, Pandowo, M. C., & Tawas, H. N. (2017). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo.
Wibowo, R. A. (2015). Mencegah Korupsi Pengadaan Barang Jasa (Apa Yang Sudah dan yang Masih Harus Dilakukan). Jurnal Integritas Vol. 1 No.1 Tahun 2015, 37-60.
Wikipedia. (2022, Desember 20). Wiki Kepemimpinan Inovasi. Retrieved from wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan_inovasi
Winda, L. S., & dkk. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Honda Motor di Cikampek. Junral Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 4 No. 3, -.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengadaan Barang dan Jasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.