Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa
DOI:
https://doi.org/10.55961/jpbj.v2i1.36Keywords:
Pengadaan, perencanaan, barang/jasa, Pengelola Pengadaan, Identifikasi kebutuhanAbstract
Jurnal ini merupakan Seri ke-2 dari Seri Jurnal Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa yang sudah ada sebelumnya pada jurnal ini dimana melanjutkan formulasi dokumen perencanaan pengadaan ke dalam suatu Standar Operasional Prosedur sedemikian hingga mudah diimplementasikan ke dalam proses birokrasi administrasi perkantoran atau pemerintahan. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan elemen penting dalam perencanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk mencapai efisiensi dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan SOP perencanaan pengadaan barang dan jasa untuk pemerintahan maupun sektor publik lainnya yang mencakup identifikasi kebutuhan, identifikasi pengadaan, analisis pasar, penyusunan spesifikasi teknis/ kerangka acuan kerja dan perkiraan harganya, dan pengumuman rencana umum pengadaan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis dokumen terkait peraturan perundang-undangan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SOP perencanaan pengadaan barang dan jasa terdiri dari lima tahapan utama: identifikasi kebutuhan, identifikasi pengadaan, analisis pasar, penyusunan spesifikasi teknis/kerangka acuan kerja dan pengumuman rencana umum pengadaan. Implementasi SOP ini melibatkan koordinasi antara berbagai unit kerja dalam instansi pemerintah, seperti unit perencanaan, pengadaan, dan pengawasan. Pelatihan dan sosialisasi juga diperlukan untuk memastikan bahwa seluruh pemangku kepentingan memahami dan menerapkan SOP secara konsisten. Evaluasi dan pengendalian SOP dilakukan untuk memonitor kinerja pengadaan barang dan jasa pemerintah serta mengidentifikasi area perbaikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas SOP meliputi kualitas SOP, komitmen pimpinan, kapasitas SDM, dan sistem pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas SOP, dukungan dari pimpinan instansi, peningkatan kapasitas SDM, dan pengembangan sistem pengawasan dan evaluasi yang efektif.
References
Anthony, R. N., & Govindarajan, V. (2007). Management Control Systems. McGraw-Hill.
Bovaird, T., & Löffler, E. (2009). Public Management and Governance. Routledge.
Chaffey, D., & White, G. (2010). Business Information Management: Improving Performance Using Information Systems. Pearson Education.
COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission). (2013). Internal Control – Integrated Framework. COSO.
Deming, W. E. (1986). Out of the Crisis. MIT Press.
Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J., & Reijers, H. A. (2018). Fundamentals of Business Process Management. Springer.
Graham, G. (2004). The four imperatives of process improvement. Quality Progress, 37(7), 37-43.
Harrington, H. J. (1995). Total Improvement Management: The Next Generation in Performance Improvement. McGraw-Hill.
Ishikawa, K. (1986). Guide to Quality Control. Asian Productivity Organization.
Juran, J. M., & Gryna, F. M. (1988). Juran's Quality Control Handbook. McGraw-Hill.
Koch, C. (2005). Total Quality Management: Text with Cases. Butterworth-Heinemann.
Norman, D. A., & Draper, S. W. (1986). User Centered System Design: New Perspectives on Human-Computer Interaction. CRC Press.
Oakland, J. S. (2008). Total Quality Management and Operational Excellence: Text with Cases. Routledge.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Rosemann, M., & vom Brocke, J. (2015). The six core elements of business process management. In Handbook on Business Process Management 1 (pp. 105-122). Springer.
Scriven, M. (1991). Evaluation Thesaurus (4th ed.). SAGE Publications.
Simons, R. (1995). Levers of Control: How Managers Use Innovative Control Systems to Drive Strategic Renewal. Harvard Business School Press.
Sutcliffe, A. (2003). Multimedia Systems Design. Prentice Hall.
Van der Aalst, W. M. P., & van Hee, K. M. (2004). Workflow Management: Models, Methods, and Systems. MIT Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengadaan Barang dan Jasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.