Negosiasi Harga e-Purchasing Katalog Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
DOI:
https://doi.org/10.55961/jpbj.v1i1.14Keywords:
Pengadaan barang/jasa, e-purchasing, e-katalog, LKPPAbstract
Negosiasi harga adalah salah satu metode dalam pelaksanaan e-Purchasing Katalog mencapai tujuan pengadaan untuk mendapatkan barang/jasa yang efesien dan efektif. Peran Pelaku Pengadaan (Pejabat Pengadaan/Pejabat Pembuat Komitmen) dalam melakukan negosiasi harga sangat penting sekali, karena harga barang yang tercantum di Katalog adalah harga yang ditetapkan oleh Penyedia Katalog. Pemerintah telah mengatur secara rinci dan tegas ketentuan-ketentuan dalam melakukan negosiasi harga pada e-Purchasing Katalog. Namun secara praktik, sulit dilaksanakan karena terbatasnya informasi mengenai strategi dan etika pengelola pengadaan barang/jasa dalam melakukan negosiasi harga sehingga perlu dikembangkan tata cara penerapan strategi dan etika dalam melaksanakan negosiasi harga e-Purchasing Katalog. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengolah berbagai peraturan pemerintah terkait pengadaan barang/jasa dan juga studi pustaka lainnya yang mendukung. Penelitian ini diharapkan menjadi pendekatan ilmiah praktis bagi pelaku pengadaan untuk melaksanakan negosiasi harga pada e-Purchasing Katalog mulai dari persiapan pengadaan dan pelaksanaan e-Purchasing Katalog di aplikasi e-Purchasing Katalog LKPP.
References
A. J. Djohan, Manajemen dan Strategi Pembelian. Malang: Media Nusa Creative, 2016.
B. Hutagalung et al., “Negosiasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa Oleh Pemerintah Sebagai Upaya Mencapai Kesepakatan,” Priv. Law, vol. 7, no. Januari-Juni 2015, 2015, Accessed: Apr. 20, 2022. [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/26597/negosiasi-dalam-pengadaan-barang-dan-jasa-oleh-pemerintah-sebagai-upaya-mencapai
H. Hamkah and H. Purwanto, “Kajian Etika Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” J. SIMETRIK, vol. 8, no. 2, p. 107, Dec. 2018, doi: 10.31959/js.v8i2.182.
I. Parmitasari, “Peran Penting Negosiasi Dalam Suatu Kontrak,” Literasi Huk., vol. 3, no. 2, pp. 50–63, 2019, Accessed: Mar. 14, 2022. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/270149730.pdf
J. Mattock & J. Ehrenborg. How To Be A Better Negotiator, Meraih Solusi Win-win Secara Kreatif. Jakarta : PT Gramedia, 1998.
L. Boy, “Pola-Pola Komunikasi Dalam Negosiasi Antara Penjual Dan Pembeli Di Pasar Wakuru,” J. Bastra, vol. 1, no. 4, pp. 1–24, 2017.
Lestyowati J, “Analisis Permasalahan E-Purchasing Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Satuan Kerja,” in Simposium Nasional Keuangan Negara, 2018, vol. 1, no. 1, pp. 669–695. Accessed: Apr. 20, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/224/170
Lexy J, Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya 1994.
N. M. R. Sukmawati and I. M. Budiasa, “Negosiasi dan Kontrak Dagang dalam Perdagangan Internasional ‘Export’ Di Fa. ARI,” Soshum J. Sos. dan Hum., vol. 3, no. 1, pp. 108–117, Mar. 2013, Accessed: Mar. 14, 2022. [Online]. Available: https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/download/448/378
Pemerintah Indonesia. 2018. Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan Lembaga Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Toko Daring Dan Katalog Elektronik Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta : Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
Pemerintah Indonesia. 2022. Keputusan Kepala LKPP Nomor 122 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Katalog Elektronik. Jakarta: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
Subhani et al., “TRADISIONAL GEUDONG ( Studi pada Penjual Pakaian Dewasa di Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara Periode Bulan Januari- Mei 2021 ),” J. Jurnalisme, vol. 01, no. April, pp. 91–103, 2021.
Y. Hamdan, A. Ratnasari, and A. T. Hirzi, “Kemampuan Negosiasi Pengusaha Dalam Meningkatkan Kesepakatan Bisnis,” MIMBAR, J. Sos. dan Pembang., vol. 31, no. 1, p. 21, 2015, doi: 10.29313/mimbar.v31i1.854.
wbs itjen, “NEGOSIASI DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH Oleh Abu Sopian Widyaiswara pada Balai Diklat Keuangan Palembang.” Accessed: Apr. 20, 2022. [Online]. Available: https://www.academia.edu/36114312/NEGOSIASI_DALAM_PENGADAAN_BARANG_DAN_JASA_PEMERINTAH_Oleh_Abu_Sopian_Widyaiswara_pada_Balai_Diklat_Keuangan_Palembang

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengadaan Barang/Jasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.